TRANSLATE

Menhan akan Tertibkan Seragam Dinas yang Mirip TNI

Selasa, 19 Januari 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu menyatakan bakal menertibkan kementerian yang memakai seragam dinas mirip yang dipakai militer. Ia tak ingin kesamaan seragam ini bisa memicu kesalahpahaman di masyarakat.

“Kita akan tertibkan itu. Jangan orang liat misal ada penjagaan atau ada apa-apa ini banyak kali tentara disini,” ujar Ryamizard di kantornya, Kamis (6/1).

Sebaiknya menurut Menhan, seragam dinas kementerian tidak menyamai seragam militer. Sebab dikhawatirkan akan disalahgunakan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Terkait bentuk penertibannya, Menhan akan memberikan pemahaman kepada para kementerian terkait seperti Kemenhub dan Kemenkumham yang seragam dinasnya mirip dengan TNI. Terkait peraturan nantinya Menhan bisa saja membuat peraturan agar semuanya bisa dikendalikan.

.
Menhan Akan Tertibkan Seragam PNS Mirip TNI

JAKARTA, WOL – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengaku kurang setuju dengan kemiripan seragam sejumlah PNS atau lembaga yang mirip dengan TNI.

Karena itu pihaknya akan menertibkan kementerian dan lembaga yang menerapkan penggunaan seragam tersebut. Ini dilakukan demi menghindari polemik dan munculnya persepsi yang salah di tengah masyarakat.

“Kami akan tertibkan lah, jangan terlalu sama. Nanti orang sampai kantor mereka, kok banyak sekali tentara, padahal bukan tentara,” tandas Ryamizard di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (7/1).

Seperti diberitakan, sejumlah kementerian dan lembaga menggunakan seragam yang mirip tampilannya dengan TNI.

Adapun seragam yang dimaksud adalah yang digunakan oleh PNS Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yang mirip dengan seragam TNI Angkatan Udara (AU).

Selain ketiga seragam tadi, ada pula seragam Barisan Serbaguna (Banser) NU yang mirip dengan seragam TNI Angkatan Darat (AD).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia