TRANSLATE

Drone OS-Wifanusa Kantongi Sertifikat Kemhan

Kamis, 22 September 2016

JAKARTA – Setelah sebulan lebih menjalani uji kelaikan mulai 16 Juni hingga 31 Juli 2016, akhirnya pesawat terbang tanpa awak Drone OS-Wifanusa resmi mengantongi Sertifikat Kelaikan Udara Militer dari Indonesian Military Airworthiness Auhority (IMAA) Puslaik Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Penyerahan sertifikat dari IMAA dilaksanakan di Ruang Kerja Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan di Jakarta. Sertifikat diserahkan langsung oleh Kabaranahan Laksda TNI Leonardi didampingi Kapuslaik Laksma TNI Sofyan kepada inventor Drone OS-Wifanusa Yulian Paonganan (Ongen).

“Kami sangat terharu dan bangga dengan pengakuan negara atas hasil karya kami ini dengan diterbitkannya Sertifikat Kelaikan Udara Militer dari IMAA. Semoga hasil karya kami ini bisa jadi kebanggaan Indonesia dan dapat digunakan untuk kepentingan pertahanan negara,” ujarnya, Rabu (3/8/2016).

“Kami ucapkan terima kasih kepada Menteri Pertahanan RI dan jajarannya yang telah memberi kepercayaan kepada kami untuk memproduksi drone ini,” ucapnya. Drone OS-Wifanusa yang mendapat sertifikat ada dua tipe yaitu OS-Wifanusa SL-D70 (wingspan 4.2mtr) dan OS-Wifanusa SL-D28 (wingspan 6.4 mtr). Masing-masing memiliki endurance 6-8 jam dan 8-10 jam dengan payload berupa kamera surveillance canggih dan kamera pemetaan multispektran serta medium format resolusi tinggi. Salah satu keunikan Drone OS-Wifanusa adalah kemampuan take-off dan landing di air serta darat sebagai amphibious drone. Kemampuan terbangnya bisa mencapai 5.000 MSL.

Sumber : http://news.okezone.com




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia