TRANSLATE

Jadi Kasau, Hadi Tjahjanto naik pangkat jadi Marsekal

Kamis, 19 Januari 2017

Merdeka.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja melantik Marsekal Madya Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau). Usai dilantik, Hadi Tjahjanto mendapat kenaikan pangkat dari Marsekal Madya menjadi Marsekal.

Kenaikan pangkat ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 3/TNI/2017 yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden, Marsekal Muda TNI Trisno Hendradi.

“Berdasarkan Kepres Nomor 3/TNI/2017 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI maka Hadi Tjahjanto diangkat dari marsekal madya menjadi marsekal,” ucap Trisno saat membacakan surat keputusan kenaikan pangkat Hadi Tjahjanto di Istana Negara, Jakarta, Rabu (18/1).

Untuk diketahui, Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) menggantikan Agus Supriatna. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 2/TNI/2017 Tentang Pemberhentian dan pengangkatan Kasau.

Hadi merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987. Usia pria kelahiran Malang, 8 November itu saat ini 53 tahun.

Karier suami Nanik Istumawati itu bisa dibilang cukup cemerlang. Dia meraih tiga bintang lebih cepat meninggalkan para seniornya. Dalam waktu tiga tahun Hadi tercatat dua kali mendapat promosi.

Pada Oktober tahun lalu Hadi, mendapat promosi dari Sekretaris Militer Presiden menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Berarti, dalam kurun waktu tiga bulan Hadi tercatat dua kali mendapat promosi jabatan.

Hadi meraih bintang satu saat didapuk menjadi Direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas) 2011-2013. Lalu dia ditempatkan sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AU 2013-2015 dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh 2015.

Tak lama di sana, bapak dua anak ini mendapat promosi ketika menduduki posisi Sekretaris Militer Presiden 2015-2016. Menjadi Sekmil kurang lebih satu tahun, Hadi dipromosikan menjadi Irjen Kemhan 2016.

 

Jokowi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Kasau di Istana

JAKARTA (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo memilih Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) yang baru menggantikan Marsekal TNI Agus Supriatna, yang akan memasuki pensiun akkhir Januari ini.

Saat ini Hadi Tjahjanto menjabat Irjen Kementerian Pertahanan. Menurut kabar, Hadi Tjahjanto akan dilantik Presiden Jokowi di Istana pada hari ini, Rabu (18/1/2017) siang ini.

Selanjutnya, serahterima jabatan Kasau dari Marsekal TNI Agus Supriatna kepada Marsekal Madya TNI Hadi Tjahjanto pada hari Jumat (20/1/2017) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sertijab ini langsung dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Gator Nurmantyo.
Hadi merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU 1987.

Pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu saat ini 53 tahun. Karier suami Nanik Istumawati itu bisa dibilang cukup cemerlang. Dia meraih tiga bintang lebih cepat meninggalkan para seniornya. Dalam waktu tiga tahun Hadi tercatat dua kali mendapat promosi.

Pada Oktober tahun lalu Hadi mendapat promosi dari Sekretaris Militer Presiden menjadi Irjen Kementerian Pertahanan. Berarti, dalam kurun waktu tiga bulan Hadi tercatat dua kali mendapat promosi jabatan.

Hadi meraih bintang satu saat menjadi Direktur Operasi dan Latihan Basarnas (Dirops dan Lat Basarnas) 2011-2013. Lalu menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AU 2013-2015 dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh 2015.

Tak lama di sana, bapak beranak dua ini mendapat promosi ketika menduduki posisi Sekretaris Militer Presiden 2015-2016. Menjadi Sekmil kurang lebih satu tahun, Hadi dipromosikan menjadi Irjen Kemhan 2016-sekarang.

Nama : Hadi Tjahjanto
Tempat/Tgl Lahir: Malang, Jawa Timur, 8 November 1963.
Istri: Ny. Nanik Istumawati

Anak:
1. Hanica Relingga Dara Ayu
2. Handika Relangga Bima Yogatama
Riwayat Jabatan

– Pamen Disminpersau
– Komandan Lanud Adi Sumarmo (2010-2011)
– Dirops dan Lat. Basarnas (2011-2013)
– Kepala Dinas Penerangan TNI AU (2013-2015)
– Komandan Lanud Abdulrachman Saleh (2015)
– Sekretaris Militer Presiden (2015-2016)
– Irjen Kemhan RI (2016-Sekarang)

 

KSAU Baru Kandidat Termuda Pilihan Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia — Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Madya Hadi Tjahjanto menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Rabu (18/1). Hadi akan menggantikan KSAU Marsekal Agus Supriyatna yang memasuki masa pensiun. Hadi Tjahjanto kini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan.

Hadi berhasil menyingkirkan dua calon KSAU lainnya yang diajukan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Dua calon tersebut adalah Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito (54 tahun) yang kini menjabat wakil gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dan Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja (56 tahun) yang menjabat Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Hadi lahir di Malang, 8 November 1963. Hadi menjadi contoh lanjutan dari gaya Jokowi yang mempromosikan jenderal muda menjadi pemimpin. Hadi saat ini berusia 53 tahun dan merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986.

Batas usia pensin tentara adalah 58 tahun, artinya Hadi masih memiliki sekitar lima tahun masa dinas.

Sebelum Hadi, Jokowi mempromosikan Tito Karnavian menjadi Kapolri saat usianya 52 dua tahun. Tito bahkan merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1987.

Pascalulus dari AAU, Hadi ditugaskan sebagai penerbang di Skadron 4 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Ia menjadi pilot pesawat angkut ringan jenis Cassa untuk Operasi Dukungan Udara, SAR terbatas, dan kursus penerbang pesawat angkut.

Ia kemudian ditugaskan menjadi Komandan Flight Ops A Flightlat Skuadron Udara 32 Wing 2 Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh yang mengoperasikan pesawat angkut berat.

Pada 2010, Hadi menjadi menjadi Komandan Landasan Udara Adi Sumarmo, Solo. Saat itu, Solo dipimpin oleh Joko Widodo. Setahun di Solo, Hadi terbang ke Badan SAR Nasional menjadi Direktur Operasi dan Latihan dari 2011-2013.

Dua tahun di Basarnas, Hadi kemudian ditunjuk menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU dan menjadi Komandan Lanud Abdulrachman Saleh.

Ia pun kembali bertemu dengan Jokowi kala ditunjuk menjadi Sekretaris Militer (Sesmil) Presiden. Setelah itu ia ditunjuk menjadi Irjen Kemhan sejak 10 Oktober 2016. Tiga bulan bertugas, Hadi ditunjuk Jokowi menjadi KSAU.

Keputusan itu diatur dalam Keputusan Presiden RI Nomor 2/TNI/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

Keppres itu ditandatangani Jokowi kemarin (17/1). Keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Marsekal Trisno Hendradi dan mulai berlaku sejak ditetapkan.

Di saat yang sama, Jokowi juga menaikkan pangkat Hadi menjadi Marsekal. Hadi kini resmi berbintang empat. Hal itu termaktub dalam Keppres Nomor 3/TNI/2017 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia