TRANSLATE

Evakuasi Jenazah Korban Tsunami Tanpa Masker, Menhan Puji Kemampuan Prajurit Kodam I Bukit Barisan

Kamis, 12 Juli 2018

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Menteri Pertahanan Ryamizard ungkap kenangannya saat kunjungi Kota Medan Kamis (5/7/18) di Wisma Benteng Jalan Kapten Maulana Lubis nomor 6 Medan. Kenangan yang diutarakan terkait saat bencana Tsunami Aceh tahun 2004. Ceritanya, saat itu Prajurit Kodam I/BB adalah pasukan yang membantu evakuasi jenazah.

“Saya tidak sanggup rasanya sendiri, jarak 50 meter ratusan jenazah keluarkan bau yang tak sedap dan prajurit TNI Kodam Bukit Barisan enak saja tanpa masker menjemput jenazah, Luar biasa itu,” ujar Alumni Akabri 1974 ini kepada 1224 prajurit gabungan TNI yang hadir.

Selain kehebatan evakuasi jenazah, Ryamizard Ryacudu juga mengumbang kemampuan prajurit Kodam I/BB dalam menyambung akses jalan di Aceh pascagempa.

“Saya akui kehebatan Kodam I/BB. Mengetahui beberapa jalan dan jembatan seperti di Singkil itu, prajurit Kodam I/BB lah yang sanggup perbaikinya. Makanya saya tak heran ada prajurit yang dikasih sapi oleh rakyat Aceh,” ujarnya

Disamping mengungkapkan kesan, Menhan RI Ryamizard Ryacudu berikan arahan kepada prajurit gabungan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Arahan yang diberikan berupa motivasi, komunikasi efektif pimpinan dan bawahan, bela negara, ideologi bangsa serta ancaman bangsa.

Kehadiran purnawirawan jenderal TNI disambut bangga oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo.

“Kita bangga atas kesempatan beliau mengunjungi Sumatera Utara. Semoga arahan ini menjadi berkah untuk kita semua,” ujar Mayjend TNI Ibnu Triwidodo.

Setelah arahan selesai, Menhan RI Ryamizard Ryacudu ungkapkan beberapa hal yang diharapkan prajurit TNI se Kota Medan. Ia perlu mempertimbangkan beberapa solusi agar darat, laut dan langit Sumatera Utara tetap kuat.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia