TRANSLATE

Korea Selatan Dukung Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Kamis, 12 Juli 2018

INFONAWACITA.COM – Pemerintah Korea Selatan menyatakan dukungannya terhadap Indonesia untuk menjadi negara Poros Maritim Dunia. Hal itu disampaikan langsung melalui Kepala Staf Angkata Laut Korea Selatan Admiral HM Hyun-Seong saat melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu di Kantor Kemhan, Jakarta.

“Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara poros maritim dunia. Gagasan strategis yang ingin diwujudkan Presiden Joko Widodo itu mendapat apresiasi dukungan dari Pemerintah Korea Selatan,” kata Admiral Seong, seperti dikutip pada Selasa (3/7/2018).

Lebih lanjut dalam pertemuan tersebut Admiral Seong mengungkapkan bahwa Pemerintah Korea Selatan saat ini juga sedang berupaya untuk menaikkan peranan dan anggaran Angkatan Laut Korea.

Tapi kemudian, lanjutnya, Pemerintah Korea Selatan saat ini sedang menghadapi kesulitan untuk menaikkan anggaran Angkatan Laut. Sebabnya karena akan berimbas pada Angkatan Darat dan Angkatan Udara Korea yang akan mengalami pengurangan anggaran apabila terjadi kenaikan anggaran Angkatan Laut.

“Mengingat anggaran militer Korea hanya 13,6% dari seluruh anggaran,” ujar Admiral Seong.

Menanggapi hal tersebut, Menhan Ryamizard menyampaikan bahwa salah satu keuntungan yang didapat dengan bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara adalah akan mengurangi anggaran belanja yang tidak diperlukan.

Menurutnya, jejak sejarah menulis bahwa Korea Selatan dan Korea Utara merupakan saudara kandung. Untuk itu, Menhan Ryamizard berharap, perdamaian antara Korea Selatan dan Korea Utara sebagai negara tetangga dan saudara kandung dapat segera terwujud.

“Karena hal tersebut dapat berdampak pada anggaran belanja Korea,” tutur Menhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia