TRANSLATE

Menhan akan Kunjungi Bener Meriah

Kamis, 12 Juli 2018

REDELONG – Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI PurnRyamizard Ryacudu akan mengunjungi Kabupaten Bener Meriahpada Juli 2018 mendatang. Kunjungan itu dalam rangka seminar “Mengenang Peran dan Fungsi Radio Rimba Raya,” pada 4 Juli 2018.

Kegiatan itu dalam rangka menjaga nilai-nilai sejarah perjuangan Radio Rimba Raya saat terus menyuarakan kemerdekaan Indonesia dari penjajah Belanda pada tahun 40-an. Menhandirencakan akan menjadi pembicara utama dalam seminar itu.

Narasumber lainnya, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Muhammad Rohanuddin dan Ketua Pimpinan Daerah Legiun Veteran RI Provinsi Aceh, Kolonel TNI Purn HM Djafar Karim.

Ketua Panitia Pelaksana Irmansyah SSTP mengatakan hal itu seusai mengikuti rapat persiapan yang dipimpin Bupati Bener Meriah, Ahmadi SE di Redelong, Sabtu (23/6). “Alhamdulillah, kita sudah mendapat konfirmasi kehadiran Menhan RI dan para pembicara lain dalam acara tersebut,” ujar Irmansyah yang juga Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah.

Irmansyah menjelaskan, selain seminar juga diisi dengan pertunjukan teaterikal tentang peran Radio Rimba Raya, pembacaan puisi dan pemutaran film dokumenter. Seluruh kegiatan dipusatkan di Kompleks Monumen Radio Rimba Raya di Desa Rimba Raya Bener Meriah.

Dikatakan, radio Rimba Raya menyimpan nilai sejarah dalam mempertahakankan kemedeakaan Indonesia dalam peristiwa Agresi Militer Belanda 1948-1949. Disebutkan, ketika itu, Belanda mengklaim sudah menaklukkan seluruh wilayah Indonesia dan menyatakan Indonesia sudah tidak ada.

Namun, kata Irmansyah, klaim Belanda itu dibantah dari belantara Tanah Gayo melalui siaran radio yang dipancarkan secara sembunyi-sembunyi. Suara Radio Rimba Raya yang mengudara dalam lima bahasa bisa didengar di sejumlah negara dan dengan adanya suara Radio Rimba Raya itulah, klaim Belanda terbantahkan.

“Peran Rimba Raya ini sangat penting sekali dalam mempertahankan bangsa ini,” ujar Irmansyah. Dalam seminar itu juga akan dihadiri anggota DPR RI asal Aceh, Ketua Komisi I DPR RI, Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan para pejabat terkait lainnya.(

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia