TRANSLATE

Menhan Ryamizard Luncurkan KRI Teluk Lada 521 di Panjang

Kamis, 12 Juli 2018

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Proyek pembuatan 12 unit kapal angkut tank (AT) milik TNI angkatan laut yang didanai oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia kini rampung satu dan menjadi empat unit.

Terbaru kapal AT-4 yang dibangun oleh PT Daya Radar Utama (DRU) unit Lampung diberi nama KRI Teluk Lada 521 dan langsung diluncurkan langsung oleh Menteri Pertahanan Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu di galangan kapal PT DRU Panjang, Kamis 28 Juni 2018.

Ryamizard menuturkan KRI Teluk Lada 521 adalah kapal ke empat setelah peluncuran KRI Teluk Bintuni 520 dua tahun lalu.

“Tahun 2016, sudah juga diluncurkan kapal angkut tank, dan pada hari kami meluncurkan lagi kapal angkut tank yang ke empat,” sebutnya.

Masih kata dia, pembuatan 12 kapal ini merupakan hasil dukungan pinjaman dari dalam negeri dengan alokasi dana tahun 2015.

“Jadi kami membuat 12 dan ini yang ke empat, dan semuanya 12 unit tahun depan selesai dengan anggaran Rp 180 milyar per satu kapal, lumayan murah dari pada beli di luar negeri,” tegasnya.

Ryamizard menuturkan pembuatan kapal AT ini merupakan program penguatan ketahanan. Oleh sebab itu, lanjutny, tahun 2015 hingga 2019 pemerintah mencanangkan sepenuhnya kebutuhan angkut tank untuk daya untuk perang.

“Ini demi menjaga keutuhan bangsa, pembangunan kapal AT dilakukan oleh anak negeri agar di kemudian hari kita tidak tergantung pada luar negeri sehingganya kita mandiri,” ucapnya.

Ryamizard pun mengaku terus mendorong adanya pembuatan kapal-kapal perang alutsista dalam negeri khusunya swasta.

“Di Korea itu yang membuat kapal-kapal perang alutsista itu swasta, dan sini (Indonesia) akan mengikuti,” katanya.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia