TRANSLATE

Indonesia dan Australia Perkuat Kerjasama Pertahanan

Senin, 15 Oktober 2018

Jakarta – Indonesia dan Australia berkomitmen memperkuat kerja sama pertahanan yang berlandaskan prinsip-prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan. Komitmen peningkatan hubungan itu dilakukan setelah‎ Menhan RI Ryamizard Ryacudu bertemu dengan Menhan Australia Christopher Pyne di sela-sela pertemuan IMF di Bali, Kamis (11/10).

Dalam keterangan pers yang diterima SP, Jumat (12/10) disebutkan, kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama pertahanan dan keamanan kawasan antara Indonesia – Australia. Hal itu untuk menjadi sarana yang baik dalam mendukung kepentingan bersama kedua negara.

Berbagai bidang yang perlu ditingkatkan dalam kerja sama tersebut mencakup keamanan maritim, keamanan syber, dan kerja sama pertahanan.

Kedua Menhan mengharapkan dapat saling memberikan masukan yang selanjutnya dapat meningkatkan kerja sama pertahanan serta mendukung kepentingan nasional Indonesia dan Australia.

Selain itu forum dialog bilateral tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan hubungan kedua negara serta memberikan kontribusi bagi stabilitas dan keamanan regional dan global.

Dalam pertemuan tersebut, Ryamizard mengajak Australia menjadikan momentum ini sebagai sarana untuk bertukar pengalaman, mengembangkan berbagai potensi negara-negara anggota serta mendukung pengaturan tata kelola kerja sama maritim. Hal ini penting sebagai upaya bersama dalam menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Samudera Hindia.

“Indonesia dan Australia harus bekerja sama dalam kegiatan bilateral dan multilateral dalam hal pemberian informasi, peningkatan SDM, dan membangun kerja sama lintas negara di kawasan terutama terkait pertahanan dan keamanan maritim,” kata Ryamizard.

Sumber: http://www.beritasatu.com/




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia