TRANSLATE

Unhan Luluskan 62 Mahasiswa Pascasarjana

Selasa, 6 November 2018

Bogor – Universitas Pertahanan (Unhan) mewisuda 62 mahasiwa pascasarjana dan sembilan di antaranya memperoleh predikat lulus nilai terbaik (cum laude). Diharapkan, para lulusan dapat manjadi aset negara dalam pertahanan nasional.

Rektor Unhan Mayjen TNI Tri Legionosuko, menutup program pendidikan pascasarjana magister (S2) Ilmu Pertahanan periode 2017/2018, bertempat di Gedung auditorium Unhan, Komplek IPSC Sentul, Jumat (2/11).

Di hadapan para wisudawan, Rektor Unhan menyampaikan, melalui suasana aktivitas akademik yang sarat dengan teori dan diskusi, the freedom of academia sebagai sebuah kultur yang dikembangkan dalam proses pembelajaran yang menuntut keterbukaan dan demokratis.

“Selain itu menjadi alumni Unhan merupakan suatu kebanggaan. Menjadi sumberdaya manusia yang mumpuni di bidang pertahanan harus mampu memaknai diri sendiri dan memiliki nilai tambah menjadi ahli pertahanan nasional (defence human capital),” terangnya.

Sebagai penekanan dalam amanatnya, rektor menyampaikan kepada calon wisudawan untuk menjadi pemimpin yang senantiasa menjadi solusi dari setiap permasalahan. Pemimpin harus senantiasa mengedepankan hati nurani sebagai landasan tingkah laku dan perbuatannya.

“Senantiasa menjadikan nilai-nilai bela negara dan Pancasila sebagai landasan sikap dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pelopori dan perkokoh persatuan dan kesatuan di antara seluruh elemen bangsa, dengan memperkecil perbedaan dan memperbesar persamaan sebagai bentuk persatuan bangsa,” ungkapnya.

Sebanyak 62 wisudawan, terdiri dari Fakultas Strategi Pertahanan (FSP) 44 orang, Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) delapan orang, Fakultas Keamanan Nasional (FKN) tujuh orang, dan Fakultas Teknologi Pertahanan (FTP) tiga orang. Dari 62 mahasiswa yang lulus ini sembilan orang di antaranya mendapat predikat lulus dengan pujian atau Cum Laude dari program studi Strategi Perang Semesta FSP Unhan.

Pada kesempatan ini juga disampaikan mahasiswa yang mendapat penghargaan Çanti Dharma Cendekia sebagai lulusan terbaik diberikan kepada mahasiswa Helda Isman dari prodi Strategi Perang Semesta dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,95.

Sumber: BeritaSatu.com



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia