TRANSLATE

Menhan Ryamizard Ryacudu Ancam Pecat ASN Tidak Netral di Pemilu 2019, ASN Harus Ikut Meredam

Rabu, 23 Januari 2019

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANGMenteri Pertahanan RI,Ryamizard Ryacudu bersilaturahami dengan Bupati/Walikota, Pejabat TNI/OPD Pemprov Sumsel di Griya Agung, Senin (21/1/2019).

Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu disambut langsung oleh Gubernur Sumsel, Herman Deru.

“Saya memang sering keliling-keliling, bukan hanya saat mau pemilu saja. Namun memang Pemilu ini perlu diingatkan bagaimama yang bener. Jangan sampai ribut-ribut. Apalagi kalau mau bunuh-bunuhan, untuk apa,” ujar Ryamizard Ryacudu.

Lebih lanjut ia mengatakan, terkait aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri harus netral. Bahkan menurutnya ia sudah sering menyampaikan, bahwa ASN, TNI dan Polri harus netral, kalau sampai tidak netral dan ketahuan akan dipecat.

“Di mana-mana sudah saya sampaikan tidak boleh itu kalau ketahuan harus dipecat. Kita harus mendamaikan dan meredam. Kalau ikut-ikutan berartikan ngak ikut meredam, ngak boleh itu. Kalau keluarganya mau memilih ia itu silakan,” katanya.

.

Menhan Imbau Masyarakat Waspadai Militan ISIS Asal Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman terorisme, terutama ratusan militan Islamic State of Iraq Syria (ISIS) asal Indonesia yang sudah kembali ke Tanah Air.

Hal tersebut dikatakan Menhan saat memberikan ceramah bela negara di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Senin (21/1).

Ryamizard mengatakan ada puluhan ribu militan asing yang ikut berperang di Suriah dan Irak. Setelah perang selesai, para militan yang selamat dari perang kembali ke negaranya masing-masing termasuk Indonesia.

Menhan mencatat setidaknya 700 militan asing ISIS yang berasal dari Indonesia.

“Ancaman teroris patut diwaspadai, terutama generasi ketiga. Generasi ketiga ini mereka yang menyatakan diri ISIS, berafiliasi dengan JAD. Ditambah sekarang Foreign Terrorist Fighter yang kembali dari Suriah dan Irak setelah ISIS terpukul, mereka kembali ke negara masing-masing di Asia. Seperti Indonesia, Filipina, dan Malaysia,” ujar dia.

Ryamizard berujar, aksi teror yang melibatkan anak telah diprediksi jauh sebelum peristiwa di Surabaya terjadi.

Dia mengimbau kepada seluruh ulama agar menjalankan fungsi masing-masing dalam memberikan pemahaman soal agama.

“Contohnya di Jawa Timur, ada ibu-ibu bunuh diri dengan bom sambil membawa anak-anaknya yang masih sangat kecil. Mindset mereka dengan bunuh diri seperti itu mereka yakin masuk surga padahal itu salah,” kata dia.

Ryamizard mengaku memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga pertahanan negara menghadapi segala ancaman.

“Kalau rusak pertahanan negara, rusak juga tanggungjawab saya. Makanya saya dituntut membuat pertahanan yang ampuh,” ujar Menhan.

Selain itu, ancaman penyebaran paham radikal ke lingkungan sekolah sudah menyebar.

Ia meminta untuk para ulama, tokoh agama, serta pendidik untuk berperan aktif dan memberikan pemahaman agama secara jelas.

Katanya, modal kekuatan Indonesia yakni persatuan. Namun, persatuan harus dikelola dengan baik mengingat adanya ancaman yang menggerus dan merongrong ideologi Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Pancasila harus ditanamkan di hati sanubari rakyat Indonesia sebagai bentuk pencegahan paham radikalisme dan terorisme.

Pencegahan paham radikalisasi melalui pendidikan, katanya, sangat penting, karena itu bela negara harus dijalankan dari semua tingkat pendidikan, mulai dari SD hingga perguruan tinggi.

“Radikalisme musuh manusia, musuh negara. Karena itu, harus diingatkan terus melalui pendidikan dan mimbar agama,” ujar dia.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia