TRANSLATE

LETJEN TNI IDA BAGUS PURWALAKSANA, S.I.P., M.M MENYAMPAIKAN ATENSI TERHADAP KINERJA UO KEMHAN TAHUN 2019

Selasa, 11 Februari 2020

Jakarta, (Kamis, 6 Februari 2020)

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M, menjadi pembicara pada acara Rapim UO Kemhan Tahun 2020 dengan tema “Membangun Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Bersemangat Bela Negara, Guna Mendukung Pertahanan Semesta yang Kuat”. yang dilaksanakan di Aula Gedung AH Nasution Lantai. 16 no 13-14 Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat. Rabu (5/2/2020).

Dalam paparannya Bapak Irjen Kemhan menyampaikan atensi terhadap kinerja UO Kemhan selama Tahun Anggaran 2019 “bahwa dalam perjalanan opini yang diperoleh dari Tahun 2015 hingga Tahun 2017, laporan keuangan Kemhan dan TNI selalu mendapatkan opini WDP”.

Namun pada Tahun 2018 laporan keuangan Kemhan dan TNI mendapat pencapaian opini WTP, lalu bagaimana dengan opini Kemhan dan TNI Tahun 2019 ?. Semoga dengan kerja keras yang kita laksanakan selama ini dapat terwujud sesuai keinginan kita bersama yaitu mendapatkan opini WTP, Amin”.

Lebih lanjut Irjen menyampaikan atensinya pada bidang pengadaan, keuangan, logistik, umum dan bidang organisasi, ketatalaksanaan, kinerja serta pemeriksaan dengan tujuan tertentu untuk kita pahami dan pedomani bersama.

Dalam hal pelaporan keuangan (LK), Kemhan telah berhasil mencapai target dengan memperoleh opini BPK WTP. namun ternyata di saat yang sama nilai akuntabilitas kinerja kemhan justru menurun (dari semula 65,38 menjadi 64,55, lalu pertanyaannya adalah mengapa demikian? karena WTP dapat diperoleh bila laporan keuangan (LK) telah memenuhi beberapa kriteria yang ditentukan” paparnya.(Rukh)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia