TRANSLATE

PEMBEKALAN KEPADA TIM REVIEW LK KEMHAN TA 2019

Senin, 24 Februari 2020

Jakarta, (Kamis, 20 Februari 2020)

Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementrian Pertahanan (Ses Itjen Kemhan) Brigjen TNI Dwi Mastono, S.E., M.M. memberikan pembekalan kepada tim review laporan keuangan (LK) Kemhan TA 2019 di Ruang Rapat (Rupat) Lantai II Itjen Kemhan RI jalan Merdeka Barat no 13-14 Jakarta Pusat ( Rabu, 19/2/2020).

Kegiatan review LK Kemhan TA 2019 yang akan dilaksanakan selama 12 hari dimulai tanggal 24 Februari sampai dengan tanggal 6 Maret 2020 mendatang “review LK Kemhan ini jangan dianggap hal yang rutinitas tapi dilaksanakan dengan sungguh-sungguh” pesan Ses Itjen.

Masing-masing tim harus berkontribusi meskipun sudah didampingi oleh tim dari BPKP jangan kita menunggu tetapi kita berperan aktif dalam kegiatan ini tim dari BPKP sifatnya membantu dan mendampingi kita”

Kita harus satu visi dan satu keinginan, kegiatan review ini akan berhasil apabila tepat waktu dan LK terselenggara sesuai aturan yang ada” papar Ses Itjen.

Sementara Inspektor II Itjen Kemhan Laksma TNI Sunaryo, CFrA menyampaikan bahwa “E-Rekon akan ditutup pada tanggal 24 Februari 2020 dan dilanjutkan kegiatan kita review LK Kemhan TA 2019 mulai tanggal 24 Februari 2010”.

Penekanan Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M, kepada kita selaku tim review LK Kemhan TA 2019 antara lain; pertama pedomani peraturan dan standar review, kedua laksanakan diskusi antar anggota tim untuk memperoleh solusi terbaik penyelesaian permasalahan, sehingga pereview bersama unit akuntansi dapat melakukan perbaikan atau koreksi secara berjenjang, agar tidak menjadi temuan selanjutnya,

Ketiga pastikan satker telah menindaklanjuti setiap permasalahan melalui proses akuntansi yang berlaku, keempat lengkapi kegiatan review dengan CHR, LHR dan IHR sesuai dengan amanat surat Dirjen perbendaharaan Kemkeu nomor S-30/PB/2020 tanggal 17 Januari 2020. dan kelima koordinasikan dengan APIP di lingkungan unit organisasi untuk menentukan prioritas permasalahan agar efektif.

Selanjutnya Ketua tim pendamping dari BPKP Bapak Faisal mengatakan “Kemhan ini merupakan kantor saya yang ke-2 jadi harapan kita kerjasama ini dapat mempertahankan penilaian opini WTP” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara pembekalan kali ini Inspektor II Itjen Kemhan Laksma TNI Sunaryo, CFrA , Inspektor III Itjen Kemhan Marsma TNI Sudadi, S.Sos, tim dari BPKP, dan para Auditor di lingkungan Itjen Kemhan (Rukh)

FOTO KEGIATAN




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia