TRANSLATE

ITJEN KEMHAN TINGKATKAN SDM PERSONEL MENGADAKAN BIMTEK PENGADAAN BARANG/JASA

Kamis, 12 Maret 2020

Rabu, 11 Maret 2020

Jakarta –Dalam meningkatkan kemampuan Auditor dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan khususnya pada bidang Pengadaan Barang dan Jasa maka Inspektorat I Itjen Kemhan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) tentang mekanisme pengadaan barang/jasa melalui pinjaman luar negeri, pinjaman dalam negeri dan soft loan (Rabu 11/3/ 2020)

 Dalam kegiatan Bintek kali ini dibuka oleh Inspertur Jenderal Kemhan (Irjen) Kemhan RI Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana S.I.P., M.M., yang diwakili oleh Inspektur I Brigjen TNI Rahmat Triyono, S.E. yang berada di lantai VIII Gedung Pierre Tendean Jalan Merdeka Barat no 13-14 Jakarta.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur I mengatakan bahwa “melalui Bimtek dengan materi tentang pengadaan barang/jasa melalui pinjaman luar negeri, pinjaman dalam negeri dan soft loan, saya berharap tahapan pengawasan intern mulai dari audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya dengan metode pre, current dan post audit hendaknya lebih profesional dan berkualitas sehingga dapat memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen resiko dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan kemhan/TNI”

Kedepan tugas yang kita emban cukup berat dimana pimpinan kita dituntut harus transparan dan akuntable dalam melaksanakan program kerja dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran, saya berharap agar para peserta Bimtek memanfaatkan momen ini dengan baik dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk bekal kedepan dalam meningkatkan tugas pengawasan dan pemeriksaan. saya berharap kegiatan Bimtek ini dapat memberikan output yang efektif dan efisien serta mampu membangun kepercayaan publik” Tegasnya.

Kegiatan Bimtek dilanjutkan dengan paparan oleh narasumber yang pertama yang disampaikan oleh Kolonel Laut (KH) Anwar Faridi, S.E,. MSc jabatan sehari hari sebagai Kasubdit. Sunrenbang Ditrenbanghan Ditjen Renhan yang mengulas tentang “perencanaan melalui fasilitas pinjaman” dan narasumber yang ke dua dilanjutkan oleh Bapak Fauzal Muslim , SE, MSc dari Bappenas mengulas tentang “mekanisme perencanaan dan pendanaan pengadaan barang/jasa melalui pinjaman di Kemhan/TNI”.

Narasumber yang ketiga disampaikan oleh Bapak Scenaider Clasein Hasudungan Siahaan , Ak., M.Sc., CIA, FRM jabatan sehari-hari sebagai Direktur Pinjaman dan Hibah Kementrian Kauangan RI mengulas tentang “mekanisme pembiayaan pengadaan barang/jasa di Kementrian Pertahanan melalui pinjaman”.

Acara Bimtek ditutup oleh Inspektur I Brigjen TNI Rahmat Triyono, S.E. “saya ucapkan terima kasih kepada para sumber dan kepada peserta Bimtek yang telah mengikuti selama sehari ini, semoga bermanfaat dan berguna dalam melaksanakan tugas dimasa depan”pungkasnya (Rukh)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia