TRANSLATE

WORKSHOP PERENCANAAN PEMENUHAN ALUTSISTA TNI DAN PEMBERDAYAAN INDUSTRI PERTAHANAN

Rabu, 4 Agustus 2021

Jakarta, (Rabu, 4 Agustus 2021)

Sesuai Surat Undangan Auditor Utama Keuangan Negara I BPK RI Nomor : 121/S/XIV/08/2021 tanggal 3 Agustus 2021 tentang Workshop Perencanaan Pemenuhan Alutsista TNI dan Pemberdayaan Industri Pertahanan, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P, M.M. mengikuti kegiatan tersebut secara Virtual yang dimulai tanggal 4 Agustus 2021 s.d 6 Agustus 2021.

Pada kesempatan tersebut Irjen Kemhan didampingi oleh Ses Itjen, Para Ir Itjen, Kabag Set Itjen dan perwakilan dari Auditor Itjen kemhan. Workshop di buka oleh Tortama KN I BPK RI Bapak Novy G.A. Pelenkahu, MBA., Ak., CSFA, pada pukul 08.45 WIB tanggal 4 Agustus 2021 serta dilanjutkan dengan paparan dari beberapa Nara Sumber dan sesi tanya jawab yaitu :

Rabu Tanggal 4 Agustus 2021

  1. Purnomo Yusgiantoro, Ir, MSc, MA, PhD, IPU (Akademisidan Praktisi Pertahanan) dengan Tema paparan “Isu strategis dalam Perencanaan Pemenuhan Alutsista TNI dan Pengembangan Industri Pertahanan Nasional”
  2. Alex Sinaga (Kepala Bidang Kerja Sama dan Pemasaran) dengan Tema paparan “Kebijakan, Pelaksanaan, dan Evaluasi pemberdayaan industri pertahanan dalam rangka pemenuhan Alpalhankam TNI sejak diberlakukannya UU No. 16 Tahun 2012”
  3. Mayjen TNI Dadang Hendra Yudha (Dirjen Pothan Kemhan) dengan Tema paparan “Arah Kebijakan dan Tata Kelola dalam Pengembangan Industri Pertahanan Nasional”
  4. Laksdya TNI Dr. A. Octavian, S.T., M.Sc., DESD (Rektor Universitas Pertahanan) dengan Tema paparan ”Isu Strategis dalam Penyusunan Dokumen Strategis Pertahanan dalam Rangka Perencanaan Pemenuhan Alutsista TNI”

Kamis Tanggal 4 Agustus 2021

  1. Ir. Slamet Soedarsono, MPP, QIA, CRMP, CGAP (Deputi Bidang Politik, Hukum,Pertahanan dan Keamanan Bappenas) dengan Tema paparan “Isu Strategis Peningkatan Kapasitas Pertahanan Nasional: Capaian RPJMN 2015 – 2019 dan Strategi Pencapaian Target RPJMN 2020 – 2024”
  2. Liliek Mayasari (Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN) dengan Tema paparan ”Kebijakan Kementerian BUMN atas Industri Pertahanan Nasional dalam Mendukung Kemandirian Industri Pertahanan untuk Pemenuhan Alutsista TNI”
  3. Luky Alfirman, S.T., M.A. (Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan) dengan Tema paparan “Skema Pembiayaan Jangka Panjang dalam Perencanaan Pemenuhan Alutsista TNI”
  4. Ir. Hammam Riza, M.Sc. (Kepala BPPT) dengan Tema paparan “Peran BPPT Dalam Pengembangan Teknologi Industri Pertahanan untuk mendukung pemberdayaan Industri Pertahanan”

 

Jum’at Tanggal 6 Agustus 2021

  1. Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin (Asisten Khusus I Menteri Pertahanan) dengan Tema paparan “Isu Permasalahan Kebijakan dan Tata Kelola Perencanaan Pemenuhan Kebutuhan Alutsista TNI”
  2. Ir. Edy Suwondo, M.Sc (Dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB) dengan Tema paparan “Analisis Life Cycle Cost dalam Penyusunan Rencana Kebutuhan Alutsista TNI dan Peran Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Teknologi Industri Pertahanan”
  3. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc. (Akademisi dan Pengamat Pertahanan) dengan Tema paparan “Isu strategis dalam Perencanaan Pemenuhan Alutsista TNI dan Pengembangan Industri Pertahanan Nasional”
  4. Kaharuddin Djenod, M.Eng (Direktur Utama PT PAL) dengan Tema paparan “Tantangan dan Hambatan Industri Pertahanan Nasional dalam Mendukung Kemandirian Industri Pertahanan untuk Pemenuhan Alutsista TNI”



Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia