TRANSLATE

Irjen Kemhan Pimpin Rapat Evaluasi Penyusunan LK Kemhan dan TNI Semester II TA. 2022 dan Monitoring progres P3DN

Rabu, 24 Agustus 2022

Rabu, 24 Agustus 2022

Jakarta – Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Irjen Kemhan RI) Letjen TNI Budi Prijono memimpin Rapat Evaluasi Penyusunan Laporan Keuangan (LK) Kemhan dan TNI Semester II TA. 2022 dan persiapan penyusunan LK Kemhan dan TNI TA. 2022, serta monitoring progres kegiatan Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) di ruang rapat Urip Sumohardjo, Kemhan, Jakarta, Rabu (24/8). Rapat evaluasi ini dihadiri Irjen TNI dan Irjen Angkatan serta pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemhan.

Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono menjelaskan mulai TA. 2022, proses penyusunan LK dilaksanakan melalui aplikasi yang terintegrasi yaitu Sistem Akuntansi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI). Perpindahan data LK TA. 2021 telah dilaksanakan ke dalam LK Kemhan dan TNI semester I TA. 2022, melalui beberapa langkah yang dipandu oleh Kementerian Keuangan.

Namun, dari hasil reviu oleh tim Itjen Kemhan tanggal 1 sampai dengan 12 Agustus 2022 belum seluruh unit akuntansi dapat melaksanakan perpindahan data dengan sempurna. Sedangkan untuk kegiatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri di lingkungan Kemhan dan TNI, diperlukan pemutakhiran data secara periodik ke dalam aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) LKPP dan Sisten Informasi Pengawasan (SISWAS) P3DN yang tersedia.

“Perlu kerja sama yang baik di internal Kemhan dan TNI dalam mewujudkan peningkatan kualitas pengelolaan anggaran tersebut ke dalam Laporan Keuangan Kemhan dan TNI TA. 2022, sehingga kita dapat mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian,” tegas Irjen Kemhan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia