TRANSLATE

KEGIATAN SATGAS PENATAUSAHAAN PEMANFAATAN BMN KEMHAN DAN TNI

Selasa, 21 Februari 2023

Selasa, 21 Februari 2023

Jakarta –Irjen Kemhan Letnan Jenderal TNI Dr. Budi Prijono., S.T., M.M., C.Fr.A Pimpin Rapat Rencana Pelaksanaan Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN Kemhan dan TNI  pada tanggal 21 Februari 2023 di Gedung Gatot Subroto Lt II Itjen Kemhan yang dihadiri antara lain : Dirjen Kuathan Kemhan, Dirfasjas Ditjen Kuathan Kemhan, Karorenku Setjen Kemhan, Kapus BMN Baranahan Kemhan, Karokum Setjen Kemhan, Ses Itjen Kemhan, Inspektur I, II, III, V Itjen Kemhan dan Eselon III di lingkungan Kemhan serta Para Kabag Set Itjen Kemhan

Pada sambutannya Irjen Kemhan menyampaikan bahwa :

  1. Salah satu arah kebijakan fiskal dalam memobilisasi pendapatan yang lebih optimal ialah melalui reformasi pengelolaan aset yang produktif. Rata-rata penerimaan dari pengelolaan dan pemanfaatan BMN pada 2017-2021 terakhir hanya 0,3 persen dari total PNBP.
  2. Kompleksnya permasalahan dalam pengelolaan aset menjadi salah satu alasan rendahnya penerimaan negara dari sumber pemanfaatan BMN. Tiap tahunnya BPK RI menemukan diantaranya terdapat pemanfaatan BMN yang belum dilaporkan/disetor ke kas negara, hasil pemanfaatan digunakan langsung dan pemanfaatan belum memperoleh persetujuan dari Kemenkeu.
  3. Dalam rangka penertiban dan optimalisasi pengelolaan BMN khususnya Pemanfaatan BMN agar memperoleh peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dilakukan upaya dengan membentuk Satuan Tugas yang mempunyai fungsi melaksanakan Penatausahaan Pemanfaatan BMN Kemhan dan TNI.
  4. Guna keseragaman dalam pelaksanaan tugas di lapangan perlu dilakukan pembekalan kepada Tim Satuan Tugas berupa Bimbingan Teknis untuk mendapatkan  keseragaman  pola  pikir, sikap dan tindakan agar dapat berjalan sesuai rencana, serta dapat dipertanggung jawabkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah Irjen Kemhan memberikan sambutan dilanjutkan paparan dari Inspektur IV Itjen Kemhan Brigjen TNI Ade Kurnianto tentang Rencana Pelaksanaan Bimtek Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN Kemhan dan TNI yang akan di selenggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 8 dan 9 Maret 2023 di Rupat Aula Peta Itjen Kemhan Lt II Gedung Gatot Subroto Nomor 13-14 Jakpus. (Bagdatin Itjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia