TRANSLATE

Tim Satgas Kemhan dan TNI Gelar Pelaksanaan Tugas Penatausahaan Pemanfaatan BMN di Lingkungan TNI AL

Rabu, 10 Mei 2023

Rabu, 10 Mei 2023

Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI menyelenggarakan Entry Meeting Pelaksanaan Penatausahaan Pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN) Tahap I (Pertama) di Unit Organisasi TNI AL, yang berlangsung 10 – 24 Mei 2023 di Denma Mabesal, Mako Kormar, Lantamal III dan RSAL Mintohardjo.

Sebelum pelaksanaan, Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono telah bersurat kepada Aslog Kasal, Komandan Korps Marinir, Komandan Lantamal III Jakarta, Dandenma Mabesal serta Karumkit RSAL dr. Mintohardjo, agar memberikan penekanan kepada para Kasatker selaku Kuasa Pengguna Barang (KPB) untuk menghadiri acara Entry Meeting serta menyiapkan data pemanfaatan aset BMN satker wilayah Jakarta yang dikerjasamakan baik dan sudah mendapat izin Pengelola Barang, belum mendapat izin, dan belum dilaporkan serta rencana BMN yang akan dimanfaatkan atau dikerjasamakan.

Penyelenggaraan kegiatan ini menjadi penting karena berkaitan dengan peningkatan kinerja Kemhan dan TNI. Kinerja instansi pemerintah tidak terlepas dari sejauh mana penilaian terhadap akuntabilitas pelaporan keuangan instansi yang bersangkutan termasuk dalam hal tertib administrasi pemanfaatan BMN.

Rabu, 10 Mei 2023 Tim Satgas III UO.TNI AL melaksanakan Entry Meeting di Slogal yang diisi dengan paparan dari Ketua Tim III Marsma TNI Sugiharto Prapto W. yang juga selaku Inspektur III Itjen Kemhan.

Dalam paparannya, Ketua Tim III menyatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini telah diatur dengan KEP Menhan Nomor : KEP/133/M/I/2023 tanggal 31 Januari 2023 tentang Satuan Tugas Penatausahaan Pemanfaatan Barang Milik Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia.

Tidak hanya itu Marsma TNI Sugiharto juga menyampaikan tujuan dibentuknya Satgas Penatausahaan Pemanfaatan BMN di Lingkungan Kemhan dan TNI salah satunya adalah pengelolaan pemafaatan aset akan lebih tertib. “Keberhasilan Satgas didukung oleh peran serta UO/Kasatker dalam memberikan informasi yang valid dan keterbukaan data,” ujar Ir III Itjen Kemhan.

Setelah pelaksanaan Entry Meeting di Slogal, Tim Satgas melaksanakan penatausahaan pemanfaatan BMN Satker Denma Mabesal dan RSAL dr. Mintohardjo di Denma Mabesal. (Bagdatin Itjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia