TRANSLATE

Sekretaris Itjen Kemhan Membuka Kegiatan Bimtek Penilaian Maturitas SPIP TA. 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Rabu, 20 Maret 2024

Jakarta – Ses Itjen Kemhan Marsma TNI Sugiharto Prapto W., mewakili Irjen Kemhan Letjen TNI Budi Prijono membuka kegiatan Bimtek Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) TA. 2024 di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (20/3). Kegiatan bimtek turut dihadiri narasumber dari Tim BPKP RI dan peserta bimtek.

Dalam amanat Irjen Kemhan yang disampaikan Ses Itjen Kemhan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah sistem pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. penyelenggaraan SPIP dilaksanakan dengan memperhatikan prinsip-prinsip tata kelola yang mencakup peningkatan kapabilitas APIP, pengelolaan risiko, dan pengendalian korupsi sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Kementerian/lembaga bertanggung jawab menyelenggarakan pengendalian intern dengan melaksanakan identifikasi sampai pemantauan atas risiko dan perbaikan pengendalian, termasuk pengendalian korupsi yang efektif hanya dapat dilaksanakan dengan dukungan peran APIP yang kapabel dapat menjamin keberhasilan pencapaian tujuan organisasi.

Berdasarkan hasil evaluasi penilaian maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi, Kementerian Pertahanan tahun 2023 mendapatkan indeks level tiga dengan nilai 3,522. “Diharapkan untuk tahun 2024 ini indeks level kemhan meningkat sehingga dibutuhkan bimbingan teknis dari Tim BPKP kepada satker/subsatker UO Kemhan dalam proses melaksanakan penilaian mandiri maturitas SPIP Kemhan ini,” ujar Irjen Kemhan. (Datin Itjen Kemhan)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia